Pages

Wednesday, 6 February 2013

CLOUD COMPUTING & WINDOWS SKYDRIVE

Bisa mengakses informasi di mana saja dan kapan saja...!!! Itulah kalimat yang cocok buat perkembangan Teknologi Informasi sekarang ini. Kita dituntut untuk bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat tanpa terhalang oleh waktu ataupun lokasi kita. Dan karena itulah dikembangkan sebuah Teknologi bernama Cloud Computing (Komputasi Awan).


Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer(komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan  atau service,  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. 
Dan sekarang ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan untuk Cloud Computing tersebut diantaranya :
  • Microsoft SkyDrive atau biasa disebut SkyDrive
  • DropBox
  • Google Drive
Nah sekarang yang akan kita bahas selanjutnya adalah mengenai Microsoft SkyDrive
Logo Microsoft SkyDrive
SkyDrive (nama resmi Microsoft SkyDrive, sebelumnya Windows Live SkyDrive dan Windows Live Folders) adalah layanan Cloud Computing yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui perantaraan Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.
Microsoft menghadirkan SkyDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti DropBox, yaitu Desktop Sync Clients, SkyDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen seperti Docs, Excel, Powerpoint, dan OneNote.
Microsoft SkyDrive tidak hanya dikembangkan didalam platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OSX dan iOS. Kabar terbaru untuk pengembangan SkyDrive adalah Mincrosoft sudah mengintegrasikan SkyDrive ke dalam OS terbarunya yaitu Windows 8.
Fitur-fitur yang ditawarkan oleh SkyDrive adalah : 
  • Mendukung berbagai platform yaitu Windows, Mac, WindowsMobile, iOS, dan Web.
  • Kapasitas data gratis yakni 7 GB.
  • Harga untuk tambahan kapasitas data yaitu jika +20 GB ($20 / tahun),  +50 GB ($25 / tahun) adn +100 GB ($50 / tahun). 
Sekian untuk kali ini...
Terima kasih telah membaca :D..
Referensi :
  1. Wikipedia Komputasi Awan
  2. Wikipedia SkyDrive


6 comments:

wah, keren artikelnya gan.

jangan lupa komen back di http://adeputra-pkp.blogspot.com
#Salam Blogger

thanks for drop comment at mine.

Visit me back;)

Keren artikelnya :)
keren juga blognya :)

comeback

Post a Comment

Followers