Pages

Monday, 4 June 2012

Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

11. Apa itu INTERNET ??
Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.  
Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
            Fasilitas Internet - Fasilitas-Fasilitas yang dapat di manfaatkan dengan menggunakan internet,diantaranya :
·         Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain.
·         E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
·         Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu.
·         FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.

 
Contoh topologi INTERNET


22. Kalau INTRANET ??
Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet dan WWW di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). LAN adalah sekumpulan komputer – komputer yang saling dihubungkan pada suatu daerah atau lokasi tertentu.
a.      Manfaat INTRANET
Perusahaan dapat mengatasi masalah utama yaitu tentang penyebaran informasi antar sesama karyawan dengan cara yang cepat, mudah, dan efektif. Tidak terikat oleh program atau hardware tertentu sehingga dapat melatih dan mendidik para pegawai perusahaan. Antara sesama karyawan dapat mengirimkan memo ke rekan kerja yang lain tanpa harus meninggalkan mejanya. Setiap karyawan bisa mengirimkan beberapa dokumen melalui komputer dengan demikian tidak perlu mencetak dokumen tersebut. Admin dapat meletakkan file – file program yang bisa digunakan oleh karyawan pada suatu folder bersama, sehingga dapat di – download oleh yang memerlukannya.
b.      Perangkat Keras INTRANET
1.      LAN
·         Intranet sebenarnya adalah sebuah jaringan komputer lokal (LAN) yang diberikan teknologi internet atau WWW.
·         Untuk membangun intranet, LAN harus memiliki sebuah jaringan komputer lokal terlebih dahulu.
·         LAN terdiri dari beberapa komputer, dimana saling terhubung di dalam satu lokasi.
·         Semua komputer di dalam LAN dapat saling berhubungan dan mengakses sumber – sumber daya yang ada pada komputer lain misal data pada server, data pada komputer lain, printer, periferal lain, dsb.
2.      Client – Server
·         Komputer server dapat didefinisikan sebagai komputer pusat yang memberikan suatu data atau dokumen, sedangkan komputer yang meminta dokumen disebut sebagai client.
·         Komputer client biasanya berupa PC biasa dan digunakan oleh user untuk meminta informasi dari server sedangkan komputer server digunakan untuk menyimpan data dan program serta menyediakan pelayanan network kepada client.
·         Jika kedua komputer disatukan maka akan didapat sebuah model jaringan komputer client – server.
3.      Komponen LAN
·         Komputer Server
·         Komputer Workstation
·         Network Interface Card (NIC)
·         Network Cable

 
Contoh topologi INTRANET


33. EKSTRANET bagaimana ??
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain- lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
Ekstranet mempunyai dasar  intrastruktur sama dengan internet, seperti TCP/IP Protocols, server, e-mail dan browser Web. Tetapi ekstranet menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk membuat komunikasi melalui internet lebih aman.
1.      Keuntungan menggunakan EKSTRANET
·         Memerlukan lebih sedikit pekerja help-desk karena dengan mengotomatisasi inquiry system, pelanggan hanya menghubungi basis data untuk mencari informasi
·         Meningkatkan kualitas, karena dengan komunikasi antar komputer dapat mengurangi error pada masukan data (data entry).
·         Mengurangi biaya komunikasi dan transportasi maupun administratif
·         Proses dan arus informasi lebih cepat
·         Mengurangi pekerjaan yang menggunakan kertas dan pengiriman barang tepat waktu
·         Peningkatan secara keseluruhan pada efektifitas bisnis
·         Dikatakan Ekstranet apabila sebuah badan usaha atau bisnis tersebut mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router.
2.      Kelemahan menggunakan ESTRANET
·         Biaya tinggi pada awal pengembangan
·         Membutuhkan staf ahli untuk mengembangkan ekstranet
·         Membuat kontrak selama beberapa waktu untuk perencanaan, pengembangan, review ,dan pelaksanaan
·         Melakukan pemeliharaan teratur, upgrade, dan lain-lain 

 
Contoh topologi EKSTRANET



0 comments:

Post a Comment

Followers